Pendidikan

Teruntuk siapapun,

Pendidikan tinggi bukanlah untuk disombongkan, bukan pula pemanjang nama dengan gelar-gelar akademis. Pendidikan tinggu bukan berarti kamu menjadi seorang yang tahu segalanya dan menjadi sok tahu. Pendidikan tinggi bukan berarti kamu hanya disibukkan dengan hapalan, tugas, ujian, dan nilai-nilai.

Masih sering terdengar cibiran, bahwa pendidikan tinggi ga menjamin kesuksesan.
Sekolah hanaya membuatmu menjadi robot, pendidikan itu ga penting dan lain sebagainya.
Aku sendiri sangat tidak setuju, pendidikan itu amat sangat penting.

Dosenku pernah berujar, kuliah, belajar, atau menuntut ilmu hingga pendidikan tinggi itu hakikatnya adalah belajar bersosialisasi, belajar memahami dan mengenal karakter teman-teman, belajar bertanggung jawab (dari tugas yang diberikan), dan belajar jujur.

Jadi, pendidikan itu penting, untuk mengajarkanmu hal-hal tersebut, setiap orang bisa menjadi orang yang sukses tanpa pendidikan tinggi, tapi kamu akan lihat perbedaan orang berpendidikan tinggi dengan yang tidak, mulai dari sikap serta tutur kata.

Maka ketika kamu melihat orang kaya dengan mobil mewahnya membuang sampah sembarangan, maka ia bukanlah orang berpendidikan, ketika pengendara menerobos lampu merah, maka ia bukanlah orang berpendidikan, ketika seorang pelajar mencontek, maka ia sama sekali tidak belajar apa-apa dan tidak ada ilmu yang ia dapat. Ketika seseorang melakukan kecurangan, berbohong ataupun kkn maka ia bukanlah orang berpendidikan. Dan ketika dengan mudahnya mengkritik sesuatu tanpa pernah berbuat maka ia bukanlah orang berpendidikan. 

Dari yang masih dan terus belajar,



0 komentar: