Surat Untuk Kalian

"Oke" , itu adalah kalimat pembuka yang selalu saya gunakan ketika memulai pengajaran. Bukan karena saya sering menonton stasiun tv  dengan tag line tersebut. Alasannya sih sederhana, oke itu berarti semua baik-baik saja (tsaah), padahal sih memang ga tau juga kenapa kata itu jadi pembuka. Yupz, saya adalah seorang pengajar. Sebenarnya tidak pernah terlintas dipikiran saya ingin menjadi seorang pengajar. Bahkan ibu saya pernah berujar bahwa saya tidak pantas menjadi seorang pengajar, hal itu karena saya sering kali tidak sabaran ketika menjawab pertanyaan dan memberi penjelasan.

Hai kalian yang pernah menjadi bagian perjalanan mengajar saya,
Saya tahu banyak hal yang masih kurang dalam pengajaran yang saya lakukan,
Saya mengerti bahwa terkadang bukan karena kalian malas belajar, tetapi karena kalian tidak menyukai pelajarannya atau bahkan terpaksa mengambil jurusan kuliah yang bukan inginnya kalian,
Saya paham, kalian memiliki daya tangkap dan pemahaman yang berbeda,
Saya pun tahu, berapa banyak dari kalian yang kuliah sambil bekerja, sehingga sudah teramat lelah untuk belajar, mengerjakan tugas dan sebagainya.
Maaf, maaf sekali ketika saya marah pada kalian,
Mohon dimaklumi ketika saya terlalu memaksakan kalian untuk mengerti hal yang sebenarnya tidak kalian sukai.

Dan akhir kata saya ingin ucapkan terima kasih atas kerja samanya, untuk mau mendengar meski sering kali penjelasan yang membingungkan dari saya dan untuk satu hal yang paling membahagiakan bagi saya, bukan nilai terbaik, bukan kesuksesan kalian dikemudian hari, melainkan kalian yang menjunjung tinggi kejujuran untuk tidak mencontek saat ujian.

Tertanda,


Sahabat kalian dalam belajar.



0 komentar: